Translate

22 Februari, 2009

Page Rank

Link dan Page Rank

Meningkatkan Rangking Blog tidak dengan cara membeli link yang tidak jelas. Link yang diberikan semuanya adalah web Blog kosong tidak ada postingan, tidak pernah diurus, nama dan alamat domain yang tidak menarik orang untuk berkunjung, tidak ada pengunjungnya sama sekali, rangkingnya nol, link seperti ini tidak ada nilainya sama sekali. Mungkin akan menaikan rangking sementara tetapi akan anjlok lagi karena link yang diberikan tidak ada page view orang lain alias tidak ada pengunjung. Lebih baik tukaran link pada orang lain yang situsnya jelas ada pengunjung, sering dikelola dengan baik walau lambat tetapi pasti akan menaikan page rank kita. Kalau link kita ada pada web Blog yang sering dikunjungi orang maka Blog kita sekali-kali akan ada mengklik orang yang mengklik alamat blog kita, sekedar blog walking, atau lain-lainnya.

Link di blog roll sama saja kita mengikuti kumpulan blog seperti Blog Indonesia, kampung blog, dan sebagainya karena link tersebut sebenarnya menumpuk pada satu situs kemudian baru di sebar ke beberapa blog. Tentunya rangking Blog roll lah yang paling tinggi karena banyak orang membuat link secara sengaja atau tidak ke situs blog roll ini. Yang paling baik link permanent di page element blog link karena akan selalu tampil jika situs atau blog tersebut dikunjungi orang. Hal ini hanya bisa didapat dengan cara tukaran link dengan orang yang memakai Link permanent di tamplatenya. Orang yang memakai Blog Roll memang cepat mempromasikan blog kita pada orang lain tetapi saya tidak yakin besar pengaruhnya dengan page rank secara langsung. Secara tidak langsung mungkin yaitu dengan dipromosikan blog kita maka banyak yang kenal dan banyak pengunjung tentunya dengan banyak pengunjung blog kita rangkingnya akan naik.

Link di Post

Link post yang baik bukan di Blog Post, karena link ini akan muncul hanya pada posting yang bersangkutan. Link post seperti ini punya arti dan nilai tersendiri terhadap blog yang di link Artinya Blog yang di Link mempunyai bobot isi (Content) yang baik sehingga di kutip oleh seseorang dalam postingannya. Link yang dimaksud di tamplate blog itu adalah link komunitas, artinya makin banyak orang nge-link ke blog kita, blog kita berarti punya banyak fans, pembaca dan teman-teman, pengunjung yang setia membaca blog kita.

Sering Ganti-ganti Tamplate

Sering gonta-ganti tamplate harus hati-hati karena ketika ganti-ganti tamplate selalu ada saja link dan widget yang hilang yang sebenarnya mungkin dari link dan widget tersebut yang menaikkan page rank kita. Seperti Feed, News Agrigator, Commenting System, Technorati, alexarank, shout box, pagerank, Blog Roll, Slide, YM Icon dan sebagainya.

Konten atau materi Blog

Jaga konten, bobot materi, dari pada postingan kita karena bobot yang baik akan banyak dikutip orang dengan demikian link dan pengunjung banyak ke blog kita. Kecuali orang mengutip tetapi tidak memberikan link ke Blog kita, seperti blog yang hanya copy paste. Blog yang seperti ini harus ditinggalkan karena anda tentunya tidak suka postingan yang susah payah anda buat dengan baik, yang mempunyai nilai tinggi terus diserobot, dibajak, dan diakui seolah-olah hasil karyanya asli padahal hanya copy paste dari blog anda! Makanya orang-orang seperti ini harus diperangi dengan dikucilkan, tidak boleh berlangganan blognya, hapus link ke Blognya, jangan buka-buka lagi blog seperti ini. Cari link yang lebih berbobot. Biar mungkin materinya tidak begitu menarik tetapi hasil karya sendiri, artinya jika anda mengutip memang langsung dari sumber penulisnya, dan informasi yang didapat langsung dari sumber yang pertama bukan hasil copy paste.


Jika anda mengutip atau copy paste sih boleh saja tetapi lakukan dengan menyebut sumbernya dengan memberikan link ke blog yang aslinya, kalau memang di blognya sudah ada izin boleh dicopy. Misalnya diblognya ada tulisan seperti: “Materi dalam Blog ini dapat saja dikutip dengan menyebutkan sumbernya.” Orang yang suka membajak karya orang lain seperti copy paste blog seperti ini (tidak menyebutkan sumbernya) tidak ada untungnya bagi yang blognya dikutip. Post orang yang baik biasanya mengutip sedikit seperlunya kemudian memberikan link dibawahnya atau linknya saja postingan selengkapnya dilihat dan dibaca pada Blog aslinya.

Kembali ke Konten, Blog dengan kontennya baik banyak pengunjungnya, walau ada juga yang kontennya yang baik postingnya sering (mungkin harian) tetapi tidak banyak pengunjung mungkin kurang promasi, tidak mau jalan-jalan ke blog lain, komentar sana sini, tidak mau tukaran link, tidak ada komunitas dan teman-temannya dalam ngeblog dan lain-lain sebaginya, jadi dia dan blognya jarang dikenal. Banyak blog terkenal memiliki konten yang menarik enak dibaca, informatif, menimbulkan perdebatan sengit, tetapi sebaiknya jangan membuat konten yang sensasional, seperti perdebatan masalah agama yang tidak berbobot sehingga orang akan kesal dan tersinggung karena perdebatannya jadi tidak ilmiah, debat kusir, tidak pakai logika (kesesatan logika: argumentum ad Hominem, argumentum ad populum) dan sebagainya. Tentunya blog seperti ini lambat laun akan ditinggalkan orang kecuali orang tersebut sudah bekerja sama dan makar untuk menjelek-jelekkan agama tertentu seperti agama Islam.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan