Translate

02 Januari, 2009

Perjalanan Ke Sumatra Barat (1)

Sumatra Barat
Hari minggu tanggal 28-12-2008 baru lalu, saya persiapkan segala sesuatu pakaian, kamera, PDA dan lain-lain. Rencana berangkat jam 20:00 WIB Malam. Setelah menunggu teman-teman akhirnya berangkat pukul 20:35. Jam 22:00 WIB sampai Kampar isi minyak solar 57 liter Senin jam 00:30 dini hari sampai di desa Pangkalan. Istirahat sebentar jam 00:55 berangkat lagi. Eh singgah lagi di Lubuk Bangku. Rencana setelah subuh baru berangkat diperkirakan akan sampai Padang pukul 08:00 pagi.

Mudah-mudahan tidak mampir-mampir lagi di lubuk meja misalnya (memang ada?!!). Selama istirahat disini saya manfaatkan untuk mencoba akses internet untuk bermain game online, eh batarai PDA saya tinggal sedikit jadi ketika akses internet langsung nge-Dropt trus shut down. Akhirnya saya hidupkan kembali dan saya pakai waktunya untuk menulis laporan ini dan makan pagi. Karena lapar saya makan pagi tah makan malam pukul 04:00 pagi, soalnya makan paginya seperti porsi makan siang pakai gulai daging! Jam 05:30 akhirnya berangkat ke Padang,Sampai ke Payakumbuh pukul 07:20. Pada pukul 09:00 sampai di Bukit Tinggi. Karena PDA saya kehabisan batrai maka saya berhenti melaporkan dulu. Mulai dari lubuk bangku sampai ke Bukit Tinggi GPRS Telkomsel tidak hidup jadi saya tidak dapat akses internet. Lama juga di Bukit TInggi urusan sopir dan izin perjalanan. Karena berhenti lama saya sempatkan memotret berapa tempat di terminal bus Aur Kuning. Pukul 09:47 baru berangkat menuju ke Danau Singkarak.
Di Danau kami datang paling pertama, masih sepi, lambat laun semakin ramai. Kegiatan pertama saya adalah memotret. Tukar baju dan mandi di Danau Singkarak. Soalnya saya belum pernah mandi di Danau Singkarak. Setiap kali saya ke Padang hanya lewat dan melihat saja dari mobil danau Singkarak itu tidak pernah singgah. Saya manfaatkan kesempatan ini dengan memotret sambil ngobrol dan senda gurau sesama teman. Beberapa kali memotret batrai kamera saya pun habis. Saya pakai kamera cas (Charge) Lithium standard AAA. Sumatra BaratKalau beli batrai biasa yang bukan cas harus pakai yang Alkalin karena batrai biasa tidak mampu dayanya terlalu rendah. Lain kali kalau mengadakan perjalanan persiapan batrai cas atau alkalin lebih banyak sehingga tidak terjaddi kendala memotret di perjalanan. Juga persiapan memori card yang besar lebih banyak. Sebenarnya saya sudah persiapkan pengecas (Charger) tetapi di lubuk bangku tidak ada cok listrik yang memadai untuk mengecas batrai. Akhirnya beginilah PDA phone Shut Down, Camera pun kehabisan.

Perjalanan pun dilanjutkan ke Danau Kembar: ke Danau diatas dan danau dibawah pukul 11:30 WIB tanpa memotret dan tanpa PDA. Dulu tahun 1987 pernah kemping di Alahan Panjang di Danau atas dan Danau bawah ini. Saya ceritakan pada teman-teman bahwa tempatnya lebih dingin dari di Bukit tinggi. Teman-teman ternya tertarik untuk berkunjung kesana. Akhirnya diputuskan untuk pergi kesana. Setelah singgah di rumah makan beberapa kilo dari kota Solok sekedar beli nasi ramas dan beberapa teman dimanfaatkan untuk sholat (saya rugi tidak sholat di situ) saya menanyakan batrai alkalin ukuran AAA, apakah ada dijual diwarung sebelah rumah makan ternyata tidak ada yang ada hanya batrai ukuran AA biasa. Sumatra Baratakhirnya pukul 13:00 perjalanan dilanjutkan. Jalan yang dulu pernah saya tempuh dulu dengan berjalan kaki back packer saya masih melihat rumah dan bangunan tampak seperti dulu tanpa banyak perubahan. Alahan panjang adalah daerah sumber pertanian Sumatra Barat, tanahnya subur, alamnya Indah. Tetapi penduduknya terlihat miskin. Ini menurut analisa saya kemungkinan lahan pertanian bukan dimiliki sendiri. Pemilik lahan merantau entah kemana kemudian lahan dikerjakan orang lain dengan cara upahan. Lain dengan sumber pertanian di Tanah Karo Sumatra Utara petani Cabai, Bawang dan Tomat terlihat makmur dan sejahtera, karena dikerjakan sendiri. Saya tidak dapat memotret karena tadi batrai kamera saya habis. Tapi di daerah tujuan wisata danau kembar ada jual batrai alkalin tapi ukuran AA, yang ukuran AAA yang ada hanya batrai biasa (bukan alkalin) saya coba beli dengan harapan dapat sekali dua kali jepret jadilah. Ternyata tidak juga bisa. Hidup layarnya sebentar langsung mati lagi. Tidak dapat memotret.